Berita

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW PENGADILAN NEGERI SURABAYA

berita 4

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw Pengadilan Negeri Surabaya pada hari Selasa, 26 Nopember 2019 bertempat di Masjid al Hikmah Pengadilan Negeri Surabaya yang dihadiri oleh umat Muslim Pegawai Pengadilan Negeri Surabaya dengan Penceramah Ustad Muzaky yg inti ceramahnya :
Alquran ada 4 bagian. Akidah, syariah, akhlakul karimah, qashasulquran (kisah2 quran). Mengapa? Tidak mungkin umat belajar akidah, syariah dan akhlakul karimah tanpa tauladan dari qashasulquran.
Dalam qashasulquran, diceritakan mengenai 124rb nabi dan rasul. Tapi wajib di imani hanya 25. Kenapa hanya 25 yang wajib diimani? 25 itu melambangkan 25 nasib. Hidup kita pasti ada yang mirip dengan kisah salah satu dari 25 nabi. Kalau tidak ada, berarti kita adalah orang bermasalah. Kalau ndak hafal yang 25, hafalkan 5. Kalau ndak hafal 5, hafalkan 2. Nabi Ibrahim dan nabi muhammad. Mencontoh nabi itu susah. Lakukan semampumu. Jangan dipaksakan. Karena manusia tidak mungkin bisa 100%. Kenapa?
1. Masa nabi hidup dengan kita jauh
2. Jarak antara nabi tinggal dng kita jauh
3. Tradisi lokal di mana rasulullah tinggal berbeda dng kita.

Jadi contohlah saja akhlak dan perilaku nabi. Di jaman milenial ini sangat butuh figure nabi muhammad. Dzikir yang dingin adalah sholawat. Dzikir yang panas adalah takbir. Jadi jangan keliru menggunakannya.
Ketua Pengadilan Negeri menyampaikan bahwa peringatan mauled nabi saw ini adalah sebagai pengingat instropeksi diri pada pegawai Pengadilan Negeri Surabaya khususnya dan pada seluruh umat muslin umumnya. Sebagai umat muslim harus mengikuti apa yang dibolehkan apa yang tidak dibolehkan oleh Allah SWT yang kemudian dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW termasuk sunnah-sunnahnya.