PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN “SLAMET SURIPTA, SH.,M.Hum.” SEBAGAI PANITERA MUDA PERDATA PENGADILAN NEGERI SURABAYA KELAS I.A. KHUSUS

pelantikan

   Pada hari Rabu tanggal 18 Maret 2020 bertempat di Aula Lantai 6 gedung Pengadilan Negeri Surabaya diadakan pelantikan dan pengambilan Sumpah Jabatan kepada Slamet Suripta, SH., M.Hum dengan Jabatan baru sebagai Panitera Muda Perdata di Pengadilan Negeri Surabaya.

      Acara pelantikan berlangsung dengan lancar dan khidmat. Acara tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Surabaya yaitu Bapak H. Nursyam, SH., M.Hum, serta dihadiri juga oleh para Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan Karyawan Karyawati Pengadilan Negeri Surabaya. Pada sambutan Ketua Pengadilan Negeri Surabaya, beliau mengatakan bahwa apa yang diucapkan dalam sumpah dan janji sebagai Panitera Muda Perdata adalah tugas dan amanah yang baru sebagai pejabat struktural agar bekerja dengan sungguh-sungguh serta taat pada peraturan untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada Masyarakat.

PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (WBBM) PADA PENGADILAN NEGERI SURABAYA KELAS I.A. KHUSUS

coffe morning

     Pada hari Selasa tanggal 17 Maret 2020, Pengadilan Negeri Surabaya Kelas I.A Khusus mengadakan Pembinaan yang terbentuk dari Tim Persiapan Penilaian Internal dalam Rangka Penilaian Internal Pembangunan Zona Integritas yang sudah mendapatkan predikat dan penganugerahan WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Pengadilan Negeri Surabaya Klas I.A Khusus bertempat di Gedung Pengadilan Negeri Surabaya Lt. 6 dengan acara yang bernuansa Coffe Morning dengan dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Surabaya yaitu Bapak H. Nursyam, SH.,M.Hum dan didampingi empat pilar, yang diantaranya adalah Wakil Ketua, Panitera, Kabag Umum serta Tim Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Surabaya.

     Dalam sambutan Ketua Pengadilan Negeri Surabaya, membahas tentang diterimanya Predikat dan Anugerah WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) oleh Pengadilan Negeri Surabaya Klas I.A Khusus. Pengadilan Negeri Surabaya merupakan Pengadilan yang sudah berbenah menjadi peradilan yang modern dan berintegritas hingga bisa menjadikan unit kerja percontohan Zona Integritas. Hal tersebut dikarenakan para pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen serta kesadaran tinggi untuk menciptakan WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) pada Pengadilan Negeri Surabaya guna menuju Predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Selain itu, juga karena ada unsur dukungan oleh Masyarakat Pencari Keadilan di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Surabaya dengan tidak memberikan imbalan dalam bentuk apapun pada proses perkara dan dokumen negara yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Surabaya.

     Hal tersebut harus lebih ditingkatkan dalam kinerjanya agar Pengadilan Negeri Surabaya menjadi  Peradilan yang Modern sehingga tercipta Peradilan yang Agung hingga mencapai Predikat WBBM (Wilayah  Birokrasi Bersih dan Melayani).

PENANDATANGANAN MOU (MEMORANDUM OF UNDERSTANDING) PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PENGADILAN NEGERI SURABAYA KELAS I.A KHUSUS DENGAN PEMERINTAH KOTA MADYA SURABAYA DALAM PELAYANAN PUBLIK

3

     Pengadilan Negeri Surabaya pada hari Selasa, tanggal 10 Maret 2020, telah melaksanakan penandatanganan MOU (Kesepakatan bersama) dengan Pemerintah Kotamadya Surabaya yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Surabaya Bapak H Nursyam, S.H. MH, dan didampingi oleh Wakil Ketua, Panitera dan Kabag Umum Pengadilan Negeri Surabaya. Acara penandatanganan tersebut dilaksanakan di Kantor Kota Madya Surabaya dan disana disambut serta diterima oleh Wali Kota Surabaya,  Ibu Dr.Ir. Tri Rismaharani, M.T didalam ruang pertemuan Balai Kota Surabaya.

     MOU adalah dokumen hukum dimana isinya menjelaskan perjanjian awal kedua belah pihak yang sebelum penandatangan telah disepakati atas dasar penawaran, pertimbangan, penerimaan hingga terikat secara hukum.

    Isi dari perjanjian tersebut adalah kerjasama Pengadilan Negeri Surabaya terhadap pihak Pemerintah Kotamadya guna mendapatkan fasilitas tempat dimana Masyarakat bisa melaksanakan pendaftaran perkara dan pengurusan Surat keterangan dengan aplikasi e-cort dan eraterang yang tidak harus datang ke Kantor Pengadilan Negeri Surabaya melainkan di Mall Siola.